IKEA Memperkenalkan Koleksi MAVINN Edisi Kedua

Senin, 07 Oktober 2024

    Bagikan:
Penulis: Busrain Buraidah
(Gambar: Dok/IKEA)

IKEA meluncurkan koleksi MAVINN sebagai bagian dari inisiatif untuk mengembangkan usaha kewirausahaan sosial, yang merupakan elemen penting dalam program keberlanjutan perusahaan. 

Koleksi MAVINN dihasilkan melalui kemitraan dengan berbagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dengan fokus pada pengembangan keterampilan lokal. Inisiatif ini juga bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja serta memberikan pelatihan kepada perempuan dan kelompok-kelompok yang terpinggirkan. Terdiri dari 17 produk unik yang dibuat secara manual, koleksi ini menggambarkan warisan budaya dan memberdayakan para perajin yang terlibat dalam proses pembuatannya.

Setelah peluncuran perdana pada tahun 2023, IKEA kini memperkenalkan edisi kedua dari MAVINN. Sejak tahun 2012, perusahaan ini telah menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan sosial untuk merancang dan memproduksi produk yang tersedia di toko-toko IKEA di seluruh dunia. MAVINN merupakan hasil kolaborasi dengan lima UMKM dan perajin terpilih dari Bangladesh, India, dan Yordania.

Koleksi ini berkontribusi pada upaya untuk menciptakan lapangan kerja di komunitas yang rentan, memberdayakan individu untuk berkembang sebagai profesional terampil, serta menciptakan dampak positif bagi masyarakat.

Tentang Koleksi MAVINN

MAVINN berkomitmen untuk menciptakan produk-produk yang dapat diproduksi secara massal dan dipasarkan secara global, dengan tujuan untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja. Setiap elemen dari koleksi ini ditenun, dijalin, atau disulam secara manual, mencerminkan keterampilan dan warisan budaya lokal yang khas.

"Koleksi ini merupakan perayaan dari kemitraan yang telah terjalin selama 12 tahun antara IKEA dan para pengrajin, memberikan contoh yang jelas tentang bagaimana kolaborasi jangka panjang dapat memungkinkan masyarakat untuk mengakses produk sehari-hari yang dibuat dengan tangan, sekaligus menciptakan peluang yang dapat mengubah hidup bagi para pembuatnya. IKEA berharap koleksi MAVINN ini dapat menginspirasi penghargaan yang lebih mendalam terhadap produk-produk buatan tangan serta usaha dan warisan budaya yang terkandung dalam setiap bagiannya," ungkap Ririn Basuki, Manajer Komunikasi & PR IKEA Indonesia.

Produksi Hasil Kerajinan Tangan yang Menciptakan Lapangan Kerja

Koleksi MAVINN membawa keceriaan dan kehangatan ke dalam setiap ruangan dengan kombinasi warna yang cerah dan pola yang berulang, menyatukan setiap elemen. Semua produk dibuat dari bahan katun atau goni, yang berasal dari usaha kecil dan menengah.

Koleksi MAVINN menawarkan berbagai produk, termasuk keranjang, tas, permadani, sarung bantal, sprei, jubah mandi, gantungan pot tanaman, selimut, dan kantong.

Salah satu daya tarik utama dari koleksi MAVINN adalah keranjang yang memiliki desain alami dan berwarna-warni, termasuk keranjang khusus untuk kucing yang memberikan tempat tidur bagi hewan peliharaan di rumah. Selimut dan sprei katun yang berwarna-warni dilengkapi dengan rumbai dan pola yang dibuat secara manual. Gantungan pot yang dibuat dengan teknik macrame menambahkan sentuhan alami dan keindahan artistik.

MAVINN menonjolkan teknik kerajinan yang diturunkan dari generasi ke generasi, serta berkolaborasi dan belajar dari para pengrajin yang berkomitmen untuk menjaga tradisi ini tetap hidup.

"Dengan bekerja sama dan berinovasi bersama mitra kami, IKEA berhasil mengintegrasikan keahlian desain kami dengan keterampilan pengrajin lokal, sehingga menghasilkan produk-produk yang unik dan memiliki karakter. IKEA sangat bangga dapat memberdayakan wanita dalam proyek ini, membantu mereka berkembang menjadi profesional yang terampil dan memungkinkan keluarga serta masyarakat mencapai kemandirian finansial," ungkap Ririn.

Koleksi MAVINN dapat ditemukan di toko IKEA di seluruh Indonesia dan secara online mulai Oktober 2024.

IKEA adalah perusahaan yang memiliki visi untuk meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari banyak orang dengan menyediakan berbagai produk perabot rumah tangga yang fungsional, dirancang dengan baik, dan ditawarkan dengan harga yang terjangkau, sehingga dapat diakses oleh lebih banyak orang.

Perusahaan ini didirikan oleh Ingvar Kamprad di Småland, Swedia selatan pada tahun 1943, ketika ia berusia 17 tahun. Nama IKEA merupakan akronim dari inisial namanya, IK, diikuti dengan E yang berasal dari Elmtaryd, nama peternakan tempat ia dibesarkan, dan A yang merujuk pada Agunnaryd, lokasi peternakan tersebut.

Konsep yang diusung oleh IKEA berlandaskan pemahaman mendalam mengenai kebutuhan dan fungsi kehidupan di rumah, dengan menggabungkan pengalaman dalam penggunaan material dan teknik produksi. Dengan pengalaman selama 80 tahun, IKEA terus mengembangkan dan memamerkan berbagai produk yang ditawarkannya.

Toko-toko IKEA menyajikan koleksi perabot rumah tangga yang dirancang dengan baik, fungsional, dan diproduksi melalui riset serta pengembangan yang cermat, dengan pengawasan kualitas yang ketat dan perhatian terhadap keberlanjutan jangka panjang.

Desain produk IKEA dikenal sederhana, multifungsi, dan menawarkan banyak manfaat yang tidak selalu terlihat. Produk-produk ini dikemas dalam bentuk datar, memungkinkan penerapan konsep "do-it-yourself" dan menjadikan harga lebih terjangkau bagi konsumen yang menggunakan desain dari para perancang.

Di Indonesia, bisnis IKEA dikelola melalui hak waralaba eksklusif yang diberikan kepada PT Rumah Mebel Nusantara. Toko IKEA pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, diikuti oleh pembukaan toko kedua, ketiga, dan keempat di Sentul City, Kota Baru Parahyangan, dan Jakarta Garden City pada 28 November 2019, 28 Maret 2021, dan 16 September 2021. Selanjutnya, IKEA Bali dibuka pada 18 November 2021, diikuti oleh IKEA Mall Taman Anggrek pada 7 April 2022 sebagai toko kota pertama, dan IKEA Surabaya pada 15 Desember 2022.

(Busrain Buraidah)

Baca Juga: Gagal Ginjal Pada Anak, Jangan Abaikan Gejala Awal Ini
Tag

    Bagikan:

Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.